Wednesday, May 19, 2010

Tugas 1: Paper Aspek Keperilakuan dalam Anggaran 2010

Buatlah paper dengan topik “Aspek Keperilakuan dalam Anggaran”
Judul silakan tentukan sendiri, yang penting sesuai topik
Referensi minimal 3 sumber
Dikumpulkan melalui elearning blog di: www.apbehavioralaccounting.blogspot.com sebagai comment. Apabila tidak memungkinkan dikumpulkan sebagai comment (karena jumlah halaman untuk comment dibatasi), silakan tulis saja judulnya dan nama Anda sebagai comment, sedangkan full paper Saudara kumpulkan melalui agung.praptapa@gmail.com.
Diposting paling lambat hari Selasa tanggal 25 Mei 2010.
Agar lebih serius dalam menulis paper, gunakan teknik penulisan ilmiah yang baik dan benar. Paper ini Saudara sharingkan dalam kelas pada perkuliahan berikutnya.

AP

4 comments:

  1. Aspek Keperilakuan Pada Perencanaan Laba dan Anggaran Sebagai Peralatan Manajemen

    GUNTUR PERDANA(C1C005199)

    ReplyDelete
  2. Aspek Keperilakuan Pada Perencanaan Laba dan Anggaran Sebagai Peralatan Manajemen

    GUNTUR PERDANA (C1C005199)

    ReplyDelete
  3. Hermawan S.U
    C1C005261

    TUJUAN PEMBUATAN ANGGARAN TERHADAP PERILAKU DAN SIKAP


    Anggaran biasanya sangat mempengaruhi terhadap sikap seseorang. Dalam paper ini apakah tujuan pembuatan anggaran berpengaruh terhadap perilaku dan sikap seseorang.
    Dalam mata kuliah Perilaku akuntansi para pembaca sudah sedikit mengenal apa yang dimaksud dengan perilaku akuntansi atau dalam bahasa lebih inteleknya adalah behavioral accounting. Tapi saya sebagai penulis sedikit membahas apa yang dimaksud dengan perilaku dalam akuntansi, Perilaku dimana orang bertindak sesuai dengan hati dan kepercayaanya dengan didukung dengan fakta yang ada. Sedangkan dengan akuntansi adalah sebuat alat yang digunakan untuk mencapai tujuan yang digunakanya informasi yang terdapat dalam hasil dari akuntansi tersebut.
    Sedangkan dengan budget atau anggaran adalah rencana pembelanjaan dan juga pendapatan yang diharapkan, serta mencerminkan prioritas kebijakan tahun selanjutnya. Adapun siklus anggaran adalah :
     Penyusunan
     Penetapan
     Eksekusi
     Audit dan Penilaian
    Tujuan dalam penyusunan anggaran bisa berbeda-beda, kejelasan tujuan anggaran menunjukan luasnya tujuan anggaran yang dinyatakan secara spesifik dan jelas, dan dimengerti oelh siapa saja yang bertanggung jawab atas anggaran tersebut.
    Anggaran juga dibuat untuk menilai kinerja, karena dari perbedaan anggaran yang digunakan dalam setiap tahunya dapat di bandingkan. Dalam penilaian yang dilakukan dapat mempengaruhi perilaku dan sikap dari pengguna anggaran antara tercapainya anggaran tersebut atau tidak.
    Kesulitan yang terjadi dalam anggaran karena tidak tercapainya anggaran biasanya banyak faktor yang mempengaruhi. Karena dalam pembuatanya terdapat range antara “sangat longgar dan mudah dicapai” sampai dengan “sangat ketat dan tidak dapat dicapai”. Tujuan yang mudah dicapai biasanya gagal dalam memberikan suatu tantangan kepada partisipan dan memiliki sedikit pengaruh motivasi. Sedangakan tujuan yang sangat ketat dan tidak mudah dicapai mengarahkan kepada perasaan gagal frustasi dan tingkat aspirasi yang rendah
    Peranan anggaran terhadap perilaku biasanya ditentukan oleh suatu determinan tertentu. Determinan disini bisa saja lingkungan, dari dalam diri individu dan dari tujuan/ nilai suatu objek. Sedangkan jika kita kaitkan dengan anggaran, maka perilaku itu tersebut muncul disebabkan tujuan atau nilai suatu objek anggaran tersebut. Perilaku ini dapat dilihat dari dua sisi yaitu sisi fungsional atau positif dan sisi disfungsional atau negatif.
    Dalam anggaran sikap dapat mempengaruhi interpretasi individu menganai kebijakan yang digunakan dalam penyusunan dan penggunaan anggaran tersebut. Sikap juga mempengaruhi terhadap aturan yang berlaku, gaya manajerial, dan peristiwa organisasi yang lainya. Karena itu dalam penentuan sikap atau respon dari masing masing individu sangatlah berbeda.

    ReplyDelete
  4. judul tugas minggu ke 2

    ASPEK PERILAKU DALAM AKUMULASI DAN PENGENDALIAN BIAYA

    Hermawan Suryo Utomo
    C1C005261

    ReplyDelete